Organisasi

Pusat Penelitian Karet mempunyai mandat untuk melakukan penelitian dan pengembangan yang berkaitan dengan teknologi dalam pengembangan  industri perkaretan.  Untuk mencapai visi dan menjalankan misinya, seluruh sumberdaya yang dimiliki dihimpun dan digerakkan melalui organisasi dengan mengedepankan azas efisiensi dan efektifitas, serta bersifat dinamis dalam menghadapi tantangan dan selalu bersifat inovatif dalam pengembangan teknologi untuk kebutuhan stakeholders.

Pusat Penelitian Karet terdiri dari Kantor Pusat dan tiga Balai Penelitian yaitu:

a. Kantor Pusat di Sembawa

b. Balai Penelitian (Balit) Sungei Putih, Deli Serdang, Sumatera Utara

c. Balai Penelitian Teknologi Karet, Bogor

d. Balai Penelitian (Balit) Getas, Jawa Tengah

Dalam mengelola organisasi, Direktur berkedudukan di Kantor Pusat dan mempunyai fungsi penentu kebijakan, koordinasi, supervisi, dan evaluasi program penelitian dan pengembangan, serta sentralisasi administrasi umum/SDM.  Pada Kantor Pusat, Direktur dibantu oleh 3 (tiga orang) pejabat lapis dua yang terdiri atas Kepala Bagian Penelitian dan Pengembangan, Kepala Bagian Usaha dan Kepala Bagian Keuangan, SDM & Umum, Kepala Bagian Kebun Produksi & Percobaan, serta Kepala Bagian Produksi Bahan Tanam.  
Selain itu, Kepala Balai Penelitian, membantu Direktur dalam operasionalisasi program penelitian dan pengembangan serta pengelolaan aset di lingkup Balai Penelitian yang dikelolanya. Direktur dibantu oleh Satuan Pengendalian Interen (SPI) yang mempunyai fungsi melakukan pengawasan/pengendalian dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur.

Para peneliti merupakan jabatan fungsional yang  sesuai dengan penekanan program penelitian Kelompok Penelitian masing-masing. Pejabat fungsional peneliti mempunyai tugas menyusun rencana kerja, melaksanakan, mengevaluasi dan melaporkan hasil penelitian.