25/09/2022

KNK 2022

Pendahuluan

Industri perkebunan karet saat ini mengalami tekanan. Produksi karet mengalami penurunan sejak tahun 2017 dan mengakibatkan volume ekspor juga menurun. Penurunan produksi tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu umur tanaman karet yang sudah tua, serangan penyakit gugur daun (PGD) Pestalotiopsis, kesulitan tenaga penyadap, harga karet bertahan di kisaran rendah yang mengakibatkan sebagian petani beralih ke komoditas lain serta harga pupuk yang semakin mahal. Upaya memberikan dukungan kepada petani agar mampu meningkatkan produktivitas karet yaitu dengan kebijakan revitalisasi atau peremajaan pohon karet (replanting) menggunakan bibit unggul atau berkualitas tinggi. Selain itu juga perlu upaya perlindungan tanaman dari PGD Pestalotiopsis.

Pada periode tahun 2020 hingga 2025, harga karet dunia diproyeksikan mengalami peningkatan meskipun  sangat kecil dengan pertumbuhan rata-rata sebesar 0,42% per tahun, yaitu USD 1,58 pada tahun 2020, kemudian USD 1,70 pada tahun 2021 dan bertahan pada kisaran harga tersebut hingga tahun 2025. Hiddle Smit (2016) memprediksikan peningkatan harga karet yang cukup tinggi hingga di atas USD 3 di tahun 2030 dan terus meningkat pada tahun-tahun berikutnya. Upaya meningkatkan harga karet salah satunya dengan pemanfaatan karet melalui diversifikasi produk hilir karet selain untuk produksi ban. Potensi pemanfaatan karet alam dalam negeri selain ban yaitu untuk kelengkapan rumah tangga seperti karet tabung gas, karet gelang, selang regulator kompor gas; produk lifestyle seperti sepatu dan alas kaki lainnya; kesehatan seperti sarung tangan medis, gasket seal jarum suntik; otomotif seperti packing seal mesin, ban; hingga infrastruktur seperti doc fender pelabuhan, bantalan jembatan dan rel kereta api, bangunan tahan gempa, dan aspal karet. Berdasarkan forecast harga karet ini dan prediksi pertumbuhan industri hilir karet ke depan, maka prospek agribisnis karet ke depan masih cukup cerah.

Guna mewujudkan keberlangsungan industri berbasis karet, maka diperlukan dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak. Konferensi Nasional Karet tahun 2022 dengan tema “Optimasi Produksi dan Serapan Karet Alam Indonesia” diselenggarakan sebagai media bagi stakeholder yaitu pengambil kebijakan, pemerintah, dinas, praktisi/pekebun, profesional, assosiasi, universitas/lembaga pendidikan, perusahaan karet negara maupun swasta, LSM, serta peminat pembangunan perkebunan karet untuk mencari solusi dalam mengatasi kesulitan meningkatkan produktivitas dan meningkatkan harga karet. 

Tujuan

  • Membangun kesepahaman seluruh stakeholders tentang strategi bersama dalam mendorong peningkatan produktivitas dan harga karet nasional.
  • Diseminasi informasi kemajuan penelitian karet.

Keluaran

Informasi terkini prospek agribisnis karet ke depan, Good Agricultural Practices (GAP), dan potensi produk-produk hilir karet.

Ruang Lingkup Pembahasan

Ruang lingkup materi Konferensi Nasional Karet tahun 2022 meliputi kebijakan harga karet melalui hilirisasi karet alam dalam negeri, peluang dan tantangan investasi agribisnis karet, serta prospek harga karet alam dunia. Selain itu juga akan dibahas tentang upaya peningkatan produksi melalui penggunaan klon-klon unggul baru, mitigasi kehilangan produksi akibat penyakit PGD Pestalotiopsis, teknologi pemupukan, manajemen penyadapan untuk mengatasi kelangkaan penyadap, perkembangan serapan produk karet alam serta teknologi intercropping tanaman karet dengan tanaman pangan dalam upaya peningkatan pendapatan petani dan produksi pangan secara berkelanjutan.

Makalah dan Poster

Pada Konferensi Nasional Karet 2022, peserta juga dapat menampilkan makalah dalam bentuk poster untuk dipamerkan selama konferensi berlangsung, sedangkan makalah lengkapnya akan diterbitkan ke dalam e-prosiding dengan ISBN. Tema makalah poster berhubungan dengan Teknologi Hulu dan Hilir untuk Mendukung Agribisnis Karet Alam.

Tanggal penting

Pengiriman abstrak                                                               :   18 Juli – 31 Agustus 2022

Pengumuman abstrak diterima                                           :   7 September 2022

Pengiriman makalah lengkap                                              :   8 – 30 September 2022

Ketentuan poster sebagai berikut :

– Bentuk portrait

– Lebar 80 cm, Tinggi 100 cm

  

     Terdiri dari :

– Judul Makalah   

– Nama Penulis   

– Email         

– Instansi          

– Abstrak           

– Pendahuluan

– Kajian Teori dan Metode

– Hasil dan Pembahasan

– Kesimpulan

– Daftar Pustaka

Makalah lengkap terdiri dari:

Makalah harus ditulis tidak lebih dari 10 halaman termasuk daftar pustaka pada kertas ukuran A4.

– Judul Makalah: TIMES NEW ROMAN 12pt, BOLD TYPE, CENTERED, ALL CAPS, 1,5 SPASI

– Nama Penulis: (Center, Times New Roman 11, Bold, 1 spacing)

– Email: (Center, Times New Roman 11, 1 spacing)

– Instansi: (Center, Times New Roman 11, 1 spacing)

– Abstrak

– Judul: CENTER, CAPITAL, TIMES NEW ROMAN 10, BOLD, 1 SPACING

– Isi: Justify, Times New Roman 10, 1 spacing, maksimum 250 kata

– Kata kunci: Justify, Times New Roman 10, 1 spacing, maksimum 5 kata

Pendahuluan

– Judul: LEFT, CAPITAL, TIMES NEW ROMAN 11, BOLD, 1 SPACING

– Isi: Justify, Times New Roman 11, 1 spacing

Kajian Teori dan Metode

– Judul: LEFT, CAPITAL, TIMES NEW ROMAN 11, BOLD, 1 SPACING

– Isi: Justify, Times New Roman 11, 1 spacing

Hasil dan Pembahasan

– Judul: LEFT, CAPITAL, TIMES NEW ROMAN 11, BOLD, 1 SPACING

– Isi: Justify, Times New Roman 11, 1 spacing

Kesimpulan

– Judul: LEFT, CAPITAL, TIMES NEW ROMAN 11, BOLD, 1 SPACING

– Isi: Justify, Times New Roman 11, 1 spacing

Daftar Pustaka

– Judul: LEFT, CAPITAL, TIMES NEW ROMAN 11, BOLD, 1 SPACING

– Isi: Justify, Times New Roman 11, hanging by 0.75 cm, 1 spacing

Peserta yang diterima sebagai pemakalah poster dapat membawa poster yang sudah dicetak sendiri oleh masing-masing peserta kemudian diserahkan kepada panitia pada saat konferensi berlangsung. Pemakalah poster wajib hadir selama konferensi berlangsung. 

Waktu dan Tempat

Kegiatan Konferensi Nasional Karet tahun 2022 akan dilaksanakan selama dua hari yaitu :

Hari Pertama

Hari / Tanggal   :   Rabu, 12 Oktober 2022

Tempat               :   Hotel Novotel Palembang, Jl. R. Sukamto No.8A, 8 Ilir,        Kec. Ilir Tim. II,  Kota Palembang, Sumatera Selatan 30127 

Hari Kedua

Hari / Tanggal   :   Kamis, 13 Oktober 2022

Tempat               :   Field Trip di Kebun Percobaan Pusat Penelitian Karet  Sembawa dan kunjungan ke pabrik pengolahan lateks pekat di PT Shamrock

Rute Bandara Sultan Mahmud Baharuddin II - Hotel Novotel Palembang

Peserta

Konferensi Nasional Karet tahun 2022 direncanakan akan dihadiri sekitar 150 peserta yang berasal dari pengambil kebijakan, pemerintah, dinas, perusahaan karet negara maupun swasta, profesional, assosiasi, praktisi/pekebun, universitas/lembaga pendidikan, LSM, peminat pembangunan perkebunan karet, perusahaan pestisida dan perusahaan pupuk.

Pendaftaran peserta Konferensi Nasional Karet tahun 2022 melalui link google form di bit.ly/knk2022

Biaya pendaftaran Peserta Konferensi Nasional Karet tahun 2022

Early Bird (18 Juli - 15 September 2022)

Pendaftaran     :     Rp. 1.000.000,-/orang

Normal (16 September - 10 Oktober 2022)

Pendaftaran 1-2 orang                             :     Rp. 1.500.000,-/orang

Pendaftaran kelompok 3-4 orang           :    Rp. 1.200.000,-/orang

Pendaftaran kelompok 5 orang              :    Rp. 1.000.000,-/orang

Biaya pendaftaran ditransfer ke Rekening Bank BNI a.n. Pusat Penelitian Karet, No. Rek. 70575997. Peserta yang telah melakukan pembayaran wajib konfirmasi dengan mengirimkan foto bukti pembayaran ke panitia.

Contact Person

Intan Berlian, M.Sc.

No HP/WA: 0812 2969 3367
Email: berlianugm@gmail.com 

Charlos Togi Stevanus, S.P.

No HP/WA: 0856 1822 865
Email: togie_stevanus@yahoo.co.id